Pages

Thursday, June 14, 2012

FMM Cutter Set..Ooh..FMM Cutter Set

Begini nih kalau sok tau sama alat baru. Berniat beli FMM Cutter Set (bentuknya panjang seperti penggaris di samping ini) biar clay lebih cantik jika ingin ditulis. Eeeh,..karna kurang pengalaman dan info cara pemakaian, pertama dapet alat ini langsung coba-coba gitu ajah,.ambil lah guas (tiruan clay untuk latihan,.hihi) nah loh muka ku yang awalnya cerah jd mendung (ngedumel sendiri). Nah loh apa yang terjadi kejadian semua guasnya nempel lengket 100% ke FMM Cutter Set. Rasanya seperti sia-sia beli alat ini karna gak berhasil dengan cantik huruf-hurufnya. Tapi aku gak patah semangat terus coba siasati bagaimana caranya biar tetep cantik dengan caraku sendiri, tapi tetep aja jeyeeeek. Akhirnya yaudah ikhlasin aja deh semoga bergunan nantinya. Besoknya di kantor (hari ini tepatnya) searching-searching neh di internet cara pemakaian FMM Cutter Set sama download video cara pemakaian di Youtube. Sudah ada sedikit gambaran perlu segera dicoba neh. Mau tau caranya ni yang aku dapet di salah satu blog di internet.

CARA MENGGUNAKAN FMM CUTTER SET
 (ini di dapat dari situs blogg :: by Shirley Theresia :: )


(1) Ambil segumpal rolled fondant (sugar paste) yang sudah diwarnai sesuai kebutuhan. Gilas sampai tipis sekali (lebih tipis dari menggilas fondant untuk cover cake). Taburi dengan sedikit tepung maizena supaya fondant tidak lengket ke alas, rolling pin, ataupun ke cutter.

Catatan: di petunjuknya FMM disebutkan tanda fondant sudah cukup tipis adalah jika fondant yang sudah digilas itu diletakkan di atas kertas yang ada tulisannya, maka tulisannya sampai menerawang melalui fondant itu. 


 (2) Potong memanjang fondant yang sudah digilas itu kira2 selebar 2,5 cm. Aku memanfaatkan penggaris besi untuk memotong fondant ini.








(3) Letakkan fondant yang sudah dipotong dengan posisi memanjang ke bawah (vertikal).








(4) Posisikan FMM cutter secara mendatar (horizontal), lalu mulai mencetak. Setiap kali selesai mencetak satu karakter, gerakkan cutter sedikit ke kiri dan ke kanan supaya nanti mudah dilepas.






(5) Setelah selesai mencetak, kelupas bagian2 yang tidak diinginkan. Biarkan huruf2 tetap terletak di tempatnya supaya tidak berubah bentuk.







(6) Gunakan fondant tool untuk membuang sisa2 fondant yang tidak diinginkan dan merapikan bentuk huruf. Lebih bagus lagi jika punya art knife yang tajam ujungnya. Biarkan sampai kering dan mengering, maka huruf2 dan angka2 tersebut siap untuk digunakan.







(7) Atau selain dengan cara di atas, setelah di cetak hentakan FMM Cutter Set ke meja tempat membuat fondant sampai fondant terhempas keluar dari cetakan. (ini aku dapat dari vodeo di youtube,.)Selamat mencoba,.kelihatannya mudah kan.

No comments:

Post a Comment

Leave a Reply