Pages

Thursday, June 21, 2012

Clay Tools Ke-7

Setelah 7x melakukan pembelian baik langsung ke toko alat roti atau secara online. Berbulan-bulan keliling Jogja semua toko alat roti sampai alat rumah tangga hasilnya nihil. Gak ada yang sekomplit jual online clay tool. Walapun harganya mahal untuk barang sekecil itu, tak berasan kalau tabungan mulai bocor. Semua rasa itu tertutupi dengan rasa senang dan puas sudah memiliki apa yang aku cari dan butuhkan. Emm ada rekomendasi sementara di Jogja lumayan menemukan beberapa alat itu di Deony atau Progo. Aku mau cerita sedikit pengalaman dalam mengumpulkan fondant tool dari awal.

Pertama ini niiiiih alat yang pertama aku punya. Waktu itu aku dah muter-muter dan hampir putus asa cari alat claynya. Akhirnya Mas Pacar "Bee" diam-diam cariin buat aku, dan taraaa ini yang ketemu di Progo. Seneng banget dapet ini akhirnya dapet clay tool pertama ku. Progo itu dekat Hotel Melia Purosari kalau kalian di Jogja pasti tau. Harganya sangat terjangkau kalau gak salah Rp 12.000,- sudah dapat 12 motiv. Ada bunga-bunga, kupu, kelinci dan bulan.


Kedua aku beli semua warna GUAS (sebagai pengganti clay untuk latihan bentuk-bentuk desain clay) dan alas anti gores untuk memudahkan membentuk clay nanti. Ini semua aku beli di Toko Merah Jl. Gejayan Yogyakarta. Harganya murah 1 guas nya Rp 3.500,- kalau alasnya aku sedikit lupa kalau gak salah si  hampir 20 ribu. Yang jelas gak begitu mahal. Kualitasnya juga sangat bagus, tidak keras dan kalau terkena goresan cutter gak akan tergores. Ini penting banget buat nanti sebagai alas saat kita bekerja dengan clay.

Ketiga ini aku dapat dengan cara membeli online. Karena di Jogja gak ada jd mau gak mau beli secara online. Setelah pilih-pilih ini yang paling murah yang aku temui. Namanya "Michi Kitchen" berupa blog (search di Google), tapi sayang koleksinya kurang lengkap. Ini pertama aku beli secara online, Allhamdulillah tidang mengecewakan. Pemiliknya pun melayani dengan sangat baik. Bisa via sms ke nomor 0858-1459-864,. Aku beli ini semua habis Rp 186.000,- belum ongkir. dalam 3 hari barang sudah sampai dan siap digunakan.

Keempat kalinya beli masih via online. Sebenernya ini tempat yang sudah lama sekali dari awal ingin belanja di sini. Tapi masih termasuk mahal jadi mesti survei lagi dan menunggu uang terkumpul. Alamatnya di Facebook "La Felicita Kitchen" Semua alatnya sangat komplit. Rasanya ingin aku beli semuanya. Habis sekitar Rp 210.500 sudah ongkir. Ini lebih cepat sampai sekitar 2 hari. Sebenernya ada yg belum kebeli tapi karna gak ready stock dan disaranin beli yang ada dulu, yasudah besok lagi :)


Kelima ini ceritanya penasaran  hunting ke Deony. Ada banyak siiii, sebelumnya juga pernah cek kesana. Tapi kenapa harganya mahal 3x lipat?? Heran,.tapi aku nemu satu alat yg lebih murah (yg bulet kecil ungu2 itu plus tongkatnya) itu aku beli Rp 55.000,- di Internet Rp 69.000.- lumayan ada yang kebeli. Akhirnya kita ke Progo dan nemuuu lebih murah tapi masih gak lengkap juga. Hanya dapet spuit dan bunga plunger. Untuk semua alat yang kelima ini habis kira-kira Rp 100.000,-


Keenam ini ceritanya masih belum puas juga dengan semua alat clay yang sudah terbeli. Tapi memang masih banyaaaaak banget yang belum kebeli dan pengen beli dan akan dibeli. Belilah online lagi kali ini di tempat yang berbeda lagi dari sebelumnya. Lebih kumplit lagi dan murah harganya yaudah hajaaaaaar...Namanya "Tyucake" (berupa blog) pilihannya lebih banyak. 2 hari langsung sampai ke tangan. Semuanya habis sekitar Rp 301.000,- sudah ongkir. Sepertinya habis ini akan beli lagi hihihii,.. :)

Ketujuh ini karna sudah banyaknya alat-alat yang aku beli ternyata tempat yang lama gak muat lagi. Langsung deh jalan ke Progo cari tempat yang lebih besar buat menampung semua clay tools nya. Si ungu ini yang paling oke aku liat (padahal dipilihin mas pacar hihi). Oke langsung aku bawa pulang. Harganya Rp 63.000,-. Oke ada tips mamilihnya. Cari ukuran besar sekalian biar ga ganti-ganti lagi dan pilih cara membuka tempatnya yang mudah dan aman (di Progo kejepit box yang hampir ku beli). Semuanya biar nyaman saat digunakan :)

Sekarang cukup dulu alatnya, gak tau besok akan menilap tabungan lagi atau gak. Yang jelas sih memang akan bertambah untuk lebih amannya saat besok dah jalan usahanya. Insyaallah 2013 deh di open "Poo Clay" nya. Di catatanku selanjutnya akan aku bahas satu-satu alat yang aku beli beserta kegunaan dan hasil pemakaiaannya...ditunggu yaaa :)

6 comments:

  1. Assalamualaikum...
    Mba putri, salam kenal ya :) .sy sonya dari jkt , ibu dari 2 anak yg juga merintis usaha kecil 'cake shop' dari rumah. ada yg mau aq tanyain nih, GUAS itu bahasa lainnya apa? kalo di jkt apa namanya? lilin mainan? soalnya aq jg mau latihan nih utk cupcakenya. :) tks byk ya.wassalamualaikum...

    ReplyDelete
  2. @sonya,.
    Walkumsalam,.pagi ibu sonya. Guas itu sama dengan lilin malam. Kalau ingin belajar figurine fondant untuk cake sebaiknya melatih ketrampilah dengan mainan lilin malam, bisa sekalian ajak anak mainan juga loh jadi lebih seru. Selamat mencobaa..Salam

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum mba putri :) mau nanya nih hehe. Yg jual frame 3dimensi di jogja dimana ya mbak? Terimakasih :)

    ReplyDelete
  4. Waalaikumsalam Rahma,.ini ada FB nya bisa di cek ya Frame 3D di Jogja : INI GECKO Handicraft

    ReplyDelete
  5. Terimakasih mba putri :) oyaa, kalo cetakan kue alphabet di deony, progo sama intisari ada gak mba? Terimakasih :)

    ReplyDelete
  6. lebih murah di istisari kayaknya sis,.saya kebanyakan beli online search di google,.

    ReplyDelete

Leave a Reply