Pages

Thursday, July 5, 2012

Cara Memakai dan Hasilnya dari "Clay Tools"

Akhirnya aku tulis juga neh artikel Cara Memakai dan Hasilnya dari "Clay Tools", baru sempet buat posting-posting lagi catatan ku. Sebelumnya aku pernah posting semua alat Clay ku, nah di sini aku mau bahas kegunaannya. Semoga bisa membantu dan berguna buat kalian yang baru belajar juga sama kaya aku. Untuk mengingat apa aja alatnya, bisa diliat di bawah ini yaaa,..mariii kita mulai belajar dengan clay tools,.siaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap,...


Satu (1)-kalau aku sebutnya "Roll Mat" ini sangat berguna banget buat kalian saat membuat adonan atau membentuk clay. Sebagai dasar atau alasnya ya inii, tidak lengket dan anti gores. Gak usah gede-gede amat ukurannya. Ukuran A4 sudah cukup bebas menghias clay. Aku belinya di Toko Merah Jogja, di toko alat tulis pasti banyak dijual juga. Cara gunainnya ga perlu dijelasin pasti sudah pada tau kaaan,...siiiiip :)

Dua (2)-ini namanya "Ring Cutter". Gunanya untuk memotong clay yang nantinya buat penutup cupcake. Caranya gampang banget awalnya buat clay yg lebar dan tipis sekitar 3ml. Kalian bisa pilih bentuknya mau yang bulat biasa atau bergerigi. Caranya seperti yang di gambar tuuh, gampang kan. Dan cara menempelkan clay ke clay bisa dengan lem kay.

Tiga (3)-yang ini namanya "Modeling Tools", dari namanya aja sudah jelas banget gunanya buat ngebentuk clay dengan berbagai model. Yang jelas ini bisa sangat membantu kalian memberi texture lebih nyata dan cantik di bunga atau bentuk lainnya. Contohnya di gambar ini salah satu modeling aja bisa merubah bentuk bunga yang biasa saja menjadi lebih cantik dan bertexture. Yang lainnya bisa kalian mainkan dengan bebas berkreasi :) 

Empat (4)-"Letter Embosser" namanya, gunanya untuk mencetak tulisan di clay, hanya emboss (cap) bukan tercetak huruf atau angka. ukurannya kecil banget. Caranya sebenernya di lepas per huruf dan disusun di garis pink seperti di gambar sesuai tulisan yang ingin di cap. Gunanya agar tulisan tertata rapi di clay. Hasilnya kaya yang di sampel kotak ijo. Kapan deh kalau dah praktek yang beneran tak kasih foto lebih jelasnya. Karna masih sayang dan takut hilang pas mau pake nanti hehe.

Lima (5)-"Spuit" sangat dibutuhkan neh buat dasar hiasan di kue dari clay, bagi yang ingin memakai clay sebagai cream. Cara pakainya spuit di masukan ke plastik segitiga (plastik khusus tempat butter cream), baru deh masukin plasti kedua yang berisi butter. Kenapa dua plastiknya agar lebih enak aja dan rapi saat butternya keluar dari spuit. Jadi spuit tidak menempel langsung dengan butternya. 

Enam (6)-"Silicon Mould Litle Flower", Suka banget sama ini alat. Mahal sii tapi sebanding dengan hasilnya yang cantik bangeeet, hasilnya dah pernah aku post di artikel sebelumnya. Jadi ga nyesel deh beli semahal itu. Caranya gampang, masukin clay ke dalam cetakan dengan fariasi warna, tekan sedikit sampai full setelah itu keluarin pelan-pelan dengan melebarkan atau membuka cetakan yang lentur terbuat dari silikon jd jangan kuatir gak akan sobek.

Ketujuh (7)-"Rolling Pin",.tapi sebenernya ini tanpa pin. Gunanya meratakan adonan. Caranya tinggal gilas aja clay sesuai tipis yang kita inginkan. Tips menggunakan clay agar tidak pecah saat di cetak atau di gilas, uleni terus remas-remas sampai elastis sehingga hasil lebih rapi dan tidak pecah. Nah agar clay tidak lengket di roll, mat atau cetakan bisa gunakan tepung atau baby oil sedikit atau secukupnya untuk mempermudah saat uleni.

Kedelapan (8)-"Flower Nail", belum pernah make ini alat. Tapi dari gambarnya ini semacam tempat atau alas yang membantu kita membuat mawar dari butter. Sebagai penopang mempermudah mendesain mawar per kelopaknya. Hasilnya bisa dilihat di gambar samping. Setelah jadi mawarnya, cara memindahkan mawarnya bisa dengan menggunakan gunting bawahnya untuk memindahkan atau dengan pisau tipis lalu pasang deh di cupcake clay.

Kesembilan (9)-Namanya "Decorative Punch" kita bisa buat renda dengan clay dibantu alat ini. Banyak macam motiv ada 8 macam,.kalian bisa berkreasi sendiri. Ini juga bisa untuk membuat tekstur di clay tanpa tekstur mat lagi. Hasilnya sebenernya lebih cantik dari gambar di samping. Cara pakainya pin tekstur nya di pasang dulu di stik putih nya untuk pegangan kita saan mencetak di clay.

Kesepuluh (10)-"FMM Script Lower" alat ini gunanya untuk mencetak hurup ataupun angka. Caranya memang sedikit sulit. Di catatan sebelumnya dah pernah aku posting detail caranya beserta gambarnya. Untuk mencetaknya adonan clay harus tipis dan sabar untuk memisahakan huruf dari cetakan, ada cara dengan dihentakan ke meja, memberi emboss saja dan kita potong sendiri dan ada juga biarkan huruf sampai mengering sehingga bisa di ambil  untuk menghias.

Kesebelas (11)-"Flower Text Mat" hampir sama kaya "Decorative Punch" tapi gak cocok buat motif renda. Caranya gampang banget kaya di gambar, tapi sayang banget teksturnya gak jelas di foto, tapi kurang lebih seperti di cetakan itu nah. Jadi tipsnya harus tekan keras-keras biar teksturnya nempel dengan bagus. Dan ternyata gulungnya lebih enak tanpa rolling pin, cukup pake tangan aja dan sebelumnya memang clay harus tergilas rapi dulu. Harga lebih murah dari rooll tekstur.

Keduabelas (12)-"Carnation Plunger" digunakan untuk membuat bunga Carnation, caranya mudah banget. Siapkan lembaran clay yang tipis lalu tinggal cetak dengan cara menekankan plungernya. Untuk hasil yang sempurna seperti bunga Carnation, kalian tinggal menipiskan kembali dengan bantuan modelling tool nya. Buat sebanyak mungkin agar terlihat menumpuk dan mengembang seperti bunga aslinya. Tentu semakin atas lapisannya semakin kecil cetakannya.

Ketigabelas (13)-yang ini namanya "Dove Plunger" biasanya digunakan untuk menghias cupcake wedding. Mungkin karna bentuknya merpati. Cara menggunakannya pertama buat bulatan clay untuk badannya lalu tempel plunger ke clay untuk keseluruhannya. Setelah lepas dr cetakan rapikan dan lipat sayapnya ke atas terlihat berisi kan badannya karna di awal diberi bulatan clay dahulu.

Keempatbelas (14)-"Rose Leaf Plunger" sebenernya ini bisa untuk daun apa saja, tapi karna bentuk daunnya memang seperti daun mawar jadi cocok sekali untuk hiasan bunga mawar. Caranya gampang seperti plunger-plunger lainnya tinggal tempelin dan tekan ke lembaran clay yang sudah siap lalu lepas deh dengan cara mendorong pegasnya agar cetakan keluar dengan rapi. Tapi walaupun bentuknya daun mawar, kalin boleh aja buat bunga lain.

Kelimabelas (15)-ini namanya "Butterfly Plunger" Caranya gampang seperti plunger-plunger lainnya tinggal tempelin dan tekan ke lembaran clay yang sudah siap lalu lepas deh dengan cara mendorong pegasnya agar cetakan keluar dengan rapi.Tapi untuk terlihat lebih cantik setelah di cetak lipat sedikit sayapnya ke atas dan taruh di tempat yang cekung dan tunggu sampai kering agar bentuk sayap tetap melipat ke atas seperti kupu-kupu.

Keenambelas (16)-"Blossom Plunger" banyak aku lihat di contoh cupcake menggunakan plunger ini sebagai bunga. Mungkin karna bentuknya umum bunga seperti ini. Dan ada ukuran terkecil dan hasilnya cantik. Caranya bisa di lihat seperti di gambar, sangat mudah. Dan untuk lebih mempercantik gunakan modelling tool untuk menipiskan kelopaknya agar terlihat seperti bunga asli. Kalau ukuran terkecil tidak usah ditipiskan lagi karna dah sangat kecil dan cantik.

Ketujuhbelas (17)-dari bentuknya dah tau namanya "Star Plunger" caranya bisa di lihat seperti di gambar, sangat mudah.Karna bentuknya sederhana dan tidak bisa di modifikasi.

Kedelapanbelas (18)-"Daisy Plunger" bentuknya yang banyak kelopak dan kecil harus hati-hati saat mencetaknya agar tidak merubah bentuk. ada 4 ukuran seperti blossom plunger. Caranya bisa di lihat seperti di gambar, sangat mudah. Lebih cantik juga dengan bantuan modelling tool agar kelopaknya terlihat cantik dengan sedikit cekungan kedalam. Contohnya ada di atas saat menerangkan modelling tool.

Kesembilanbelas (19)-"Heart Plunger" perarturannya sama kaya star plunger, sebagai penunjang hiasan lainnya. Cantik untuk tema valentine. Caranya bisa di lihat seperti di gambar, sangat mudah. Bisa dibuat berjajar ke bawah dari ukuran terbesar sampai terkecil. Silahkan kalian kreasikan sendiri untuk apa nantinya.

Keduapuluh (20)- Namanya apa yah, habis belinya langsung di toko kue dan satu paket sudah bermacam-macam isinya. Jadi namakan saja "Plungers" caranya masih sama dengan yang lain, bedanya ini gak ada pegangan atau pegasnya jadi lebih hati-hati saja saat melepas dari cetakannya. Kalian akan tetap dan terus membutuhkan modelling tool untuk mempercantiknya.

13 comments:

  1. kebanyakan beli online,.alamatnya ada di psotingan ku sebelumnya :)

    ReplyDelete
  2. good share, thanks ya

    ReplyDelete
  3. @euis durriyah: sama-sama (^_^), senangnya berbagi..

    ReplyDelete
  4. hai mau info aja ;)
    Bisa beli alat2 diatas secara online di facebook : Toko Sarinande.
    Buat yang di daerah Tangerang dan mau dateng langsung ke tokonya alamatnya ada di :

    Toko Sarinande
    Ruko Barcelona no 50
    Perumahan Palem Semi - Lippo Karawaci
    Tangerang - Banten

    order, atau tanya bisa sms atau telp ke (021) 49-777-550 Trims!

    ReplyDelete
  5. terima kasih infonya, mba. sangat bermanfaat. saya baru mau belajar menghias dengan fondant.

    ReplyDelete
  6. @linda : semangaaaaattttt \(´▽`)/ \(´▽`)/ \(´▽`)/
    buka aja sist di menu blogg tutorial clay dan figurine fondant semoga bisa membantu untuk belajar...

    ReplyDelete
  7. kl buat model pesawat terbang gt ada gak ya mbak put? Anaku minta kue ultahnya tema pesawat tempur. Emak nya msh bingung hehe. Thnx for sharing yaa ^^
    diana

    ReplyDelete
  8. @Figurine pesawat: kalau ingin membuat kue berbentuk pesawat ada 2 macam, mau total satu kue bentuk pesawat atau pesawatnya sebagai aksesorisnya. Kalau saran saya untuk anak-anak buat saja tema landawan pesawat jadi kue tetap berbentuk kotak ada landasan pesawat dan ada beberapa pesawat berjejer dengan aksesoris lainnya seperti orang sbg pilot pohon dll.

    ReplyDelete
  9. mbak mau tanya, kalo dipurbalingga beli alat2nya dimana ya?? pengin nyoba2.. makasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  10. kak, kalo beli clay nya di mana sih?

    ReplyDelete
  11. Haloo sist,.untuk toolsnya saya beli online sist bisa search di google banyak yg jualan. kalau clay nya saya buat sendiri dr tepung dan bahan lainnya,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta resepnya dong sayang, bikin clay yg bagus spt apa..biar hasilnya tidak terlalu lembek dan saat kering, hasilnya bagus

      Delete

Leave a Reply