Pages

Sunday, July 21, 2013

Tips - Alas Yang Tepat Untuk Pengeringan Clay

Buat kalian yang bingung sampe mati gaya,.pakai alas apa sih biar tekstur clay bagian bawah itu bisa halus tidak berkerut, cepat dalm pengeringan dan mudah dipindah saat proses pengeringan. Setelah beberapa kali percobaan menggunakan berbagai media untuk alas clay saat pengeringan, akhirnya aku menemukan alas yang paling tepat dan oke banget. Yaitu "Sponge"Bob heheh,..mari kita cari tau kenapa si Sponge ini bisa oke banget buat alas.

Sponge ini mempunyai tektur yang "BERPORI" nah ini nilai plusnya. Karna dengan berpori ini udara banyak keluar masuk sehingga proses pengeringannya lebih cepat, dan dengan berpori juga clay yang masih dalam proses pengeringan bisa dipindah tempat dengan mudah. Selain itu yang paling penting karna pori-pori ini Clay jadi mudah mengering dan saat menyusut claynya tidak bisa menarik sponge untuk ikut menyusut. Sehingga hasil dasar clay bisa rata dan halus. Kalian bisa bedakan dengan mencoba alas lainnya selain sponge. Sponge ini mudah didapat dimana-mana dan murah, biasanya sponge untuk mencuci piring.


Nah ini contoh clay yang menggunakan alas selain sponge. Aku waktu itu pernah menggunakan alas seperti: plastik, koran, hvs, kayu, alas karet, tisu. Semuanya tidak bisa membantu clay dalam pengeringan dan saat clay menyusut, bagian dasar clay akan berkerut seperti di samping ini. Karena saat penyusutan clay akan berusaha mengajak alas untuk menyusut sama-sama dan hanya sponge lah yang bisa menolak gaya penyusutan itu. 






Ini salah satu contoh clay dengan pengeringan menggunakan alas sponge. Sayang banget gak kefoto gimana bagian bawah clay ini yang halus tidak berkerut.

No comments:

Post a Comment

Leave a Reply