Pages

Sunday, July 21, 2013

Tips Mencegah Clay Tepung Retak

Bagi kalian yang sama-sama sedang belajar, aku punya artikel bagu neh, copas dari salah satu site yang menurutku sangan bagus untuk dibagikan ke kalian-kalian yang hoby Clay. Mari indahnya berbagi ilmu..
sumber: http://dnclays.blogspot.com/2011/03/tips-mencegah-clay-tepung-retak.html

Formulasi
Formulasi banyak sekali macamnya untuk clay tepung. Saya tidak bisa bilang yang mana yang terbaik, karena itu benar-benar disesuaikan dengan style dan kebutuhan kita.
Selain tergantung jenis bahan (tepung, lem, pengawet, dsb) juga tergantung jumlah atau komposisinya.
Pemilihan jenis bahan juga dituntut konsisten agar hasilnya juga konsisten. Dalam hal ini jika teman-teman sudah merasa cocok dengan merk tertentu dari bahan baku tepung, lem, pengawet, baby oil..kalau bisa jangan diganti kecuali sudah diuji coba terlebih dahulu. Formulasi kurang pas, bisa menyebabkan clay mudah retak.

Pembentukan
Dalam pembentukan clay tepung, kadang lengket di tangan, kemudian biasanya ditambah dengan minyak atau baby oil agar lebih mudah menanganinya. Lengket tidaknya clay sangat dipengaruhi kelembaban udara dalam ruangan tempat bekerja. Dalam udara sangat humid, penambahan minyak kadang dilakukan berulang-ulang. Hati-hati dengan pemakaian minyak ini, kalau terlalu banyak bisa menyebabkan clay retak. Begitupula kalau clay yang sudah mengering dipaksa lunak lagi menggunakan baby oil. Kalau saya lebih baik membuangnya dan ganti adonan baru.

Pengeringan
Sejauh pengalaman saya..(yang ternyata enggak jauh-jauh amat). Pengeringan yang terlalu cepat bisa membuat retak parah terutama untuk bentuk-bentuk yang besar/tebal. Bayangkan saja kalau bagian luar sudah kering sementara bagian dalamnya masih basah..pastilah retak..ya kan? Jadi sabaaaar. Itulah mengapa saya minta waktu yang agak longgar untuk setiap order clay. Diperlukan waktu pengeringan yang panjang sampai berhari-hari untuk mencegah retak ini. Tapi bisa saja pengeringan cepat tak berpengaruh jika bahan bakunya berbeda. Saya juga masih mencoba terus bahan-bahan lain yang paling cocok dengan gaya saya.

No comments:

Post a Comment

Leave a Reply