Pages

Sunday, July 21, 2013

Tips Penyimpanan Agar Clay Kamu Bertahan Lama



Ada sedikit tips neh, dan pernah aku coba. Kali ini cara menyimpan adonan clay yang sudah siap pakai. Mungkin diantara kalian ada yang belum tau gimana menyimpan dan berapa lama sih adonan awet dan aman untuk di simpan. Tapi bagi kalian yang dah tau malah lebih tau tipsnya aku acungin jempoool. Kalian beli aja toples-toples kecil seperti disamping ini. banyak dijual di swalayan-swalayan terdekat. Beli yang tertutup rapat agar tidak ada udara yang masuk, lebih bagus yang model tutupnya diputar. Saat beli lakukan uji coba, jangan beli langsung banyak. Beli satu dulu setelah itu di uji dengan penyimpanan selama minimal 3 hari. Kalau adonan aman berarti toples teruji dengan baik, dan bisa deh dibeli dalam jumlah banyak. Seperti gambar di samping ini.




Seperti gambar di samping kanan ini masih menggunakan kantong plastik. Pertama, sangat tidak praktis saat kita akan mengambil clay lagi dari kantong. Kedua, lama-lama boros juga setiap clay habis dan buat adonan baru nanti butuh plastik yang baru lagi. Dan terlihat tidak rapi dalam penyimpanan. Dari sisi keamanan bisa saja plastik bocor karna sobek jadi udara atau debu bisa masuk dan mengakibatkan adonan clay cepat kering dan mudah berjamur karna kotor.

 Nah terlihat lebih oke kan kalau yang dimasukan toples daripada dikantong plastik. Penyimpanan lebih rapi dan aman dari udara dan debu. Aku dan uji coba adonan clay 1 minggu lebih masih bagus banget. Tapi jangan sampe 2 minggu yah karna akan bau asem dan kemungkin jamur akan muncul. Saat di isi clay, toples harus dalam keadaan bersih habis dicuci dan bebas debu. Usahakan satu warna satu toples. Kalian akan merasakan lebih mudah dan praktis dengan toples ini. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Leave a Reply