Pages

Monday, July 22, 2013

Tips Untuk Clay Yang Bulat Penuh "Alumunium Voil"


Pernah kalian jumpai saat mencoba membuat bentuk clay yang bulat penuh tapi gagal saat pengeringan. misalnya seperti di samping ini. Bukannya menjadi bulat penuh saat kering tapi malah jadi setengah bulat saat kering. Selain itu teksturnya juga berkerut. Disamping ini adonan clay penuh 100% sehingga saat kering clay menyusut seluruhnya.




Selain menyusut jadi setengah lingkaran dan berkerut, dengan 100% clay juga bisa retak seperti diamping ini. Clay bagian dalam akan berusaha mengerih sehingga bagian clay yang sudah kering diluar akan retak. Hasilnya pun gagal lagi untuk bentuk sempurna bulat penuh.





Kalian tidak usah khawatir, kalian bisa mengakalinya dengan cara seperti digambar ini. Dengan Alumunium Voil (AV) ini kita bisa membuat bentuk clay yang bulat penuh tanpa menyusut jadi setengah bulat, berkerut ataupun retak parah. Ambil AV secukupnya, remas-remas sampai bulat. AV ini digunakan untuk bagian dalam clay kita nanti.



Nah kalian bisa buat dulu segala bentuk, ukuran AV sesuai kebutuhan untuk membuat figur clay. Contoh seperti di samping ini. Biasanya AV ini digunakan untuk membuat bagian perut atau kepala yang membutuhkan bentuk penuh. Jadi clay kalian bisa terlihat gendut dan lucu.




Selanjutnya kalian bungkus tuh AV dengan selembar clay yang sudah kalian uleni. Jangan terlalu tebal dan tipis, bisa kalian kira-kira berapa tebalnya.Jangan terlalu lama saat membulatnya di AV karna resiko retak ada karna clay yang tidak tebal jadi mudah kering.



Nah kalian bisa liat sendiri perbedaannya. Bandingkan bulat Ijo di bawah ini dengan bulat ijo yang di gambar atas yang hasilnya jadi berkerut dan setengah bulat. Dengan AV hasil bulat bisa menjadi maksimal anti kerut dan resiko retaknya sangatlah kecil. Dan perbandingan untuk figur sapi juga terlihat gendut dan yang satunya kempes saat kering. Dengan Av inijuga bisa menghemat penggunaan clay kalian, tau sendiri dalam membuat clay juga membutuhkan waktu yang lumayan lama. Semoga info ini bermanfaat bagi yang belum tau dan sama-sama belajar clay. Selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment

Leave a Reply